Saturday, June 14, 2014

Dampak Struktur Koperasi dan Badan Budaya Orientasi Pasar dan Kinerja

PENDAHULUAN
Struktur dan kinerja koperasi merupakan isu-isu kunci dalam literature, Sementara pendekatan neoklasik (Helmberger & Hoos, 1995; Nourse 1945) menunjukkan bahwa koperasi dapat menjadi pesaing tangguh untuk IOFs  (investor-owned firms), penelitian yang lain membangun keagenan dan permainan teori menunjukkan bahwa prinsip-prinsip tradisional koperasi merusak alokasi sumber daya dan investasi yang mengoptimalkan kebijakan (Vitaliano, 1983) serta stabilitas koalisi dari berbagai kelompok di koperasi (Sexton, 1986; Staatz 1983).
Dalam upaya untuk mendamaikan perspektif yang saling bertentangan, diadakan penelitian untuk mengusulkan berbagai model koperasi (Barton, 1989; Cook, 1995, 1997; Kyriakopoulos,2000; Nilsson, 1998; Van Dijk, Kyriakopoulos, & Nilsson 1997), perusahaan koperasi yang ditata ulang untuk meningkatkan manajemen kewirausahaan, inovasi dan budaya (Cook, 1995; Kyriakopoulos, 2000). Perubahan struktur dan budaya koperasi yang disarankan untuk memfasilitasi strategi berorientasi pada pangsa pasar (Meulenberg 1996) sebagai respon terhadap meningkatnya dan persaingan global dan perubahan preferensi konsumen.
Studi ini berusaha untuk menjelaskan dampak dari dua kunci organisasi koperasi, fitur – fitur struktur koperasi dan budaya koperasi pada orientasi pasar dan kinerja perusahaan koperasi, dengan kerjasama penelitian. Pertama koperasi kembali dibahas secara luas, belum jelas dibedakannya variabel koperasi tradisional secara terperinci dan terukur. Dalam penelitian ini kita membedakan dua kelas dari koperasi, tradisional dan tata ulang. Kedua, fitur koperasi perusahaan, seperti budaya kewirausahaan dan kepemimpinan.  Ketiga, penelitian kami juga berusaha untuk memperluas penelitian empiris sebelumnya pada kinerja koperasi dengan memperkenalkan pasar orientasi, yang merupakan konsep dasar dalam literatur ilmu bisnis (e.g., Deshpande, 1999; Porter, 1980), Sebagai variabel hasil struktur dan budaya.



DUA FITUR ORGANISASI KOPERASI

Struktur Koperasi
Kepemilikan. koperasi mengatur masalah mengenai kepemilikan
(a) siapa yang dapat miliki/kontribusi ke ekuitas koperasi;
(b) bagaimana ekuitas operasi dialokasikan;
(c) bagaimana koperasi menebus ekuitas;
(d) bagaimanakah laba bersih koperasi dialokasikan.  

1. Kontrol dalam koperasi, pada dasarnya, merujuk pada pertanyaan-pertanyaan berikut ; (a) siapa yang diizinkan untuk memilih, (b) apa aturan pemilihan? kontras dengan IOFs, koperasi tradisional hanya mengizinkan anggotanya untuk memilih pada dasar keputusan koperasi seperti pemilihan anggota dewan petani, persetujuan tahunan laporan, akuisisi bisnis baru, dll.  Kebijakan biaya. Berbeda dengan IOFs, kebijakan harga koperasi, menetapkan harga kepada petani untuk produk yang dipasarkan, persediaan untuk dijual, dan layanan yang diberikan, Tujuannya bukan untuk membuat keuntungan tetapi memberikan manfaat kepada anggota koperasi.
2. Budaya Perusahaan, pengaturan organisasi dalam menghubungkan anggota dengan koperasi merupakan hal penting untuk perusahaan koperasi, tetapi atribut dari perusahaan koperasi juga berpengaruh terhadap budaya terkait dengan yang disebutkan di atas. karakteristik-merupakan "aset" yang memiliki potensi untuk menangkap sifat-sifat ini. Budaya wirausaha, juga disebut sebagai adhocracies-umumnya dicirikan oleh orientasi eksternal dan struktur. khususnya, budaya kewirausahaan yang menampilkan empat atribut kunci: mengambil risiko sikap, gaya inovatif kepemimpinan, mekanisme ikatan yang fleksibel, dan proaktif penekanan strategis.


KERANGKA KONSEP

Pada bagian ini kita mengembangkan argumen tentang pengaruh fitur organisasi koperasi, seperti yang dibahas sebelumnya, pada orientasi hasil pasar perusahaan koperasi dan kinerja.

Hasil perusahaan koperasi
Orientasi pasar. Pemasaran dan ilmu manajemen berpendapat bahwa pelanggan adalah hal penting dalam mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. orientasi pasar terdiri dari orientasi pesaing, yang meliputi kegiatan yang terlibat dalam memperoleh informasi tentang pelanggan di pasar dan menyebarkan ke seluruh perusahaan, dan koordinasi antar fungsional, yang terdiri dari beberapa perusahaan, penelitian empiris telah menemukan bukti kuat bahwa orientasi pasar adalah kunci dari perusahaan jangka panjang
Kinerja. sulit untuk mengukur dan menyimpulkan dalam koperasi, yang bertujuan menyejahterakan  anggotanya, meskipun pengukuran kinerja koperasi masih kontroversial, kita bisa mengikuti tradisi ilmu bisnis untuk mengukur sebagai  kontruksi multidimensi, yang terdiri dari pasar share, profit margin, dan pertumbuhan perusahaan. Hal ini bersifat relatif terhadap pesaing utama koperasi di pasar. Tolak ukur kami menggunakan indikator kinerja perusahaan, pangsa pasar dan pertumbuhan pasar relatif dan indikator keuangan yang diukur di bothmarket dan biaya tingkat, margin keuntungan.

Hipotesis
Kami berasumsi bahwa orientasi pasar dan kinerja dipengaruhi oleh sifat-sifat struktural koperasi dan oleh budaya perusahaan koperasi, hubungan saling tergantung antara struktur dan hasil, sebagai hasil dari umpan balik dari kinerja untuk susunan kepemilikan.
Pengaruh struktur koperasi. Susunan aturan tradisional merupakan hak akan suara satu anggota, prinsip satu suara dan anggota eksklusif mengurangi orientasi dan kinerja perushaan koperasi.
Pengaruh budaya kewirausahaan koperasi. Seperti telah dibahas sebelumnya, budaya kewirausahaan menampilkan empat atribut kunci : pengambilan risiko sikap, inovatif gaya kepemimpinan, mekanisme ikatan yang fleksibel, dan penekanan strategis proaktif. Ciri-ciri ini bisa meningkatkan orientasi pasar dan kinerja untuk beberapa alasan. Pertama, kepemimpinan yang inovatif dan berani mengambil risiko membantu mentalitas karyawan untuk fokus pada, bagaimana posisi perusahaan didalam pasar lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mengantisipasi perilaku pesaing. Kedua, karena struktur organik memiliki garis kewenangan yang sedikit dan aturan yang saling bersebrangan. Ketiga, karena strategi proaktif mereka, budaya kewirausahaan akan cenderung untuk mengantisipasi tindakan yang kompetitif, melihat kebutuhan pelanggan dan memonitor lingkungan untuk tren baru, yang meningkatkan orientasi pasar.

PENGUMPULAN DAN TINDAKAN DATA

Pengaturan. Untuk menguji hipotesis kami, kami mempelajari koperasi Belanda. Mereka menyajikan berbagai pengaturan organisasi. Konsep ulang yang berlangsung dua dekade terakhir telah meimbulkan beragam koperasi termasuk tradisional dan tataulang structural elemen. Sampel koperasi diambil dari daftar anggota-koperasi NCR, Nasional Dewan Koperasi Belanda Pertanian dan Hortikultura. Daftar ini di tahun 1999 terdiri dari 62 perusahaan koperasi, yang mencakup semua koperasi pertanian. masing-masing koperasi
departemen urusan dikirimkan kuesioner dan surat untuk menjelaskan tujuan penelitian dan meminta partisipasi mereka. Mereka orang-orang yang paling cocok untuk survei karena mereka memiliki pengetahuan tentang kedua perusahaan.
Pengukuran. Variabel dependen. Penelitian ini menggunakan skala multi-item yang ada untuk mengukur orientasi pasar . meskipun terus menjadi perdebatan tentang pengukuran orientasi pasar, Kami percaya bahwa skala Likert 7-titik yang dikembangkan oleh Narver & Slater menawarkan pandangan yang paling komprehensif dari orientasi pasar.
Kinerja diukur dengan 5 poin skala multi-item menggabungkan tiga indikator :  margin keuntungan, pertumbuhan, dan pangsa pasar, semua didasarkan pada studi PIMS.
Penjelasan variabel. Untuk mengukur budaya kewirausahaan, kita mengandalkan pada komputer yang sudah multi-item 7 titik skala. Mengingat empat ciri-ciri budaya, skala bergantung pada empat item penyadapan atribut yang dominan, kepemimpinan gaya perusahaan koperasi, ikatan, dan penekanan strategis.
Variabel Kontrol. Kami mengandalkan variabel dummy untuk mengukur variabel struktural, jenis koperasi (1= koperasi pasar, 0= pasokan koperasi). Kami juga mengatur tingkat intensitas persaingan di pasar utama dari perusahaan koperasi dengan memanfaatkan skala multi-item.

PEMBAHASAN

Penelitian ini merupakan upaya awal untuk mengeksplorasi hubungan antara fitur organisasi koperasi dan hasil kunci dari koperasi perusahaan. Pada bagian penutup ini, kami mempertimbangkan implikasi dari temuan kami untuk teori koperasi serta keterbatasan studi dan saran penelitian masa depan.

Implikasi untuk Teori
Kesimpulan utama. Hasil penelitian kami menawarkan dukungan terbatas untuk tesis umum, bahwa fitur kooperatif struktural, diringkas dalam dikotomi tradisional. kasus rekayasa ulang, sistematis mempengaruhi orientasi pasar dan kinerja perusahaan koperasi. Beberapa pengaruh parsial dapat ditentukan dan akan dibahas di bawah. Namun, ditemukan bahwa budaya perusahaan kewirausahaan memiliki pengaruh sistematis tentang
orientasi dan kinerja pasar koperasi.
Kesimpulan khusus. Beberapa hasil tertentu membawa aspek yang cerah dan menarik dampak struktur koperasi terhadap kinerja dan orientasi pasar +
Pengaruh kepemilikan. Negatif tetapi tidak signifikan korelasi antara kepemilikan dan orientasi pasar mungkin berhubungan dengan jenis pasar koperasi. Secara khusus, di pasar komoditas, kepemilikan individual bisa merangsang lebih besar investasi dalam kegiatan yang berorientasi pada produk..
Pengaruh kebijakan harga. Sifat struktural koperasi kebijakan perbedaan harga  jelas meningkatkan orientasi pasar. Temuan ini konvergen dengan temuan sebelumnya tentang pentingnya menerapkan perlakuan yang sama untuk stabilitas koperasi dan produksi yang optimal. petani besar dan kewirausahaan untuk tetap setia kepada koperasi, sehingga memperkuat orientasi pasar dalam dua cara: memasok dengan nilai tambah produk, serta memberikan modal untuk. Dalam teori, orang akan berharap bahwa biaya diferensial dan kebijakan harga adalah instrumental untuk stabilitas koperasi sebagai subsidi silang.

Keterbatasan dan Penelitian Masa Depan Saran
Sementara hasil kami tampaknya berkontribusi terhadap pemahaman yang lebih baik dari strategi koperasi dan manajemen, ada beberapa keberatan terkait dengan model langkah-langkah ini. Pertama, meskipun manfaat dari ukuran kinerja kami (e.g., ruang lingkup yang luas dengan memasukkan profit margin, pertumbuhan, pangsa pasar), Penelitian selanjutnya bisa mendapatkan keuntungan dari menggabungkan langkah-langkah yang dilaporkan sendiri dan pengukuran berbasis akuntansi, menyediakan gambar yang kuat kinerja. Kedua, terlepas dari variabel struktural koperasi dan budaya kewirausahaan, lainnya variabel dapat mempengaruhi orientasi pasar dan kinerja.  Penelitian di masa depan bisa menguraikan model yang diusulkan oleh termasuk langkah-langkah langsung dari tahap rantai makanan dan tingkat perbedaan produk. Ketiga dan yang terkait, kondisi untuk efektivitas struktur koperasi. Secara khusus, struktur koperasi dapat cocok dalam tahap tertentu dari rantai vertikal dan untuk jenis tertentu dari koperasi. Sebagai contoh, koperasi dapat memilih untuk memiliki struktur tradisional, rata-rata biaya dan diferensiasi produk terbatas. Menyesuaikan struktur koperasi agar sesuai dengan kondisi pasar atau jenis koperasi menimbulkan masalah endogenitas. Karena model statistik kami belum menyumbang simultanitas yang berkaitan dengan struktur, penelitian di masa depan mungkin memperhitungkannya. Pertimbangan yang sama berlaku untuk kewirausahaan budaya karena kita tidak bisa mengesampingkan umpan balik dari orientasi pasar atau kinerja budaya perusahaan.


"Tulisan ini merupakan bagian diskusi dlm mata kuliah Ekonomi Koperasi bersama http://yuniawan.blog.unair.ac.id/   Semoga bermanfaat"

No comments:

Post a Comment